• Status Order
  • SMS/WA: 085710440849
  • BBM : TDUI8353
  • tokonedui@gmail.com
Terpopuler:

Mengetahui Berbagai Macam Bahan Outsole (Sol) Sepatu

15 Agustus 2018 - Kategori Blog

Mengetahui berbagai macam bahan outsole (sol) sepatu, akan memudahkan seseorang untuk memilih dan membeli sepatu yang sesuai dengan kebutuhan, apalagi jika membeli secara online.

Sebelum membeli sepatu atau sandal, seseorang biasanya akan mempertimbangkan berbagai hal. Salah satu yang tak dipungkiri adalah soal harga. Bukan hal yang tidak mudah untuk mencari sepatu berkualitas dengan harga murah.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu adalah model sepatu, ukuran sepatu/sandal, bahan sepatu, bahan outsole (sol), dan kegunaan (apakah untuk sekolah, ke kantor, atau olah raga, dsb).

Outsole adalah seluruh bagian terbawah dari sepatu. Outsole adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan tanah. Jangan sampai mengabaikan bahan sol sepatu yang kita beli, karena jika salah memilih justru akan membuat cedera, karena licin misalnya. Jadi di sinilah manfaatnya bagi kita untuk Mengetahui berbagai macam bahan outsole (sol) sepatu.

 

Mengetahui Berbagai Macam Bahan Outsole (Sol) Sepatu

 

Berikut adalah berbagai macam bahan outsole sepatu:

  1. RUBBER SOLE. Rubber sole (sole karet) sering digunakan untuk sepatu safety atau sepatu lapangan.  Rubber sole ini memiliki sifat kuat dan lentur. Pada sole ini juga bisa ditambahkan jahitan selain dilem dan di press. Sole karet ini ini tidak ada expirednya (kadaluwarsa). Kelebihanya: Kuat dan lebih lentur dibanding bahan yang lain. Kekuranganya: Lebih licin dibandingkan sole bahan lain dan lebih berat.
  2. PU (POLYRETHINE). Bahan sole PU adalah bahan sole yang anti slip dan ringan. Sole PU lebih tahan terhadap minyak (oil resistant) dibandingkan dengan sole berbahan lain. Maka tak heran Sol PU ini tergolong mahal. Sol PO mempunyai expired date atau kadaluwarsa. Jika sudah kadaluwarsa maka sole berbahan PUini akan hancur sendiri seperti sepotong roti jika di biarkan dalam waktu yang lama. Kelebihannya: Tahan terhadap minyak (oil resistant), ada anti slip & lebih ringan. Kekurangannya: Mempunyai expired date, harganya lebih mahal dibanding sole dari bahan lain.
  3. TPR (THERMO PLASTIC RUBBER). Sole dengan bahan ini adalah campuran dari bahan plastic dan rubber, sehingga tidak licin.  Sole TPR ini mempunyai kekurangan yaitu kurang elastis, sehingga cocok di gunakan untuk poduksi sepatu yang tahan air. Kelebihan: Ringan, lebih keset jika dipakai tempat yang ada air, tidak licin. Kekurangan: Kurang elastis.
  4. PVC (POLYVINYL CHLORIDE). Terbuat dari lebih banyak bahan plastik dan sedikit karet. Kelebihan: Sole lebih ringan & keras. Kekurangan: Licin dan kurang elastis.
  5. SPONGE OUTSOLE. Sole dengan bahan ini biasanya digunakan untuk sandal santai berbahan sepon.

 

,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *